Friday, March 20, 2015

Tentang Poster, Brosur, flyer, Majalah, Kalender, Banner, Spanduk dan Baliho

Saat ini dunia design grafis merupakan factor penting dalam dunia bisnis, baik itu untuk kebutuhan industry, promosi ataupun lainnya. Oleh sebab itu banyak  orang yang mengambil profesi ini sebagai pekerjaannya. Karena banyak bidang yang diambil didalam dunia design grafis ini. Dan selain karena menyenangkan, dunia design grafis terbilang cukup tinggi bayarannya. Dunia design grafis pun menurut saya seperti kaya seni, dimana dibutuhkan keahlian khusus dan kreativitas dalam pengerjaannya. Bisa dibilang design grafis itu susah-susah gampang, tergantung skill dan keahlian masing-masing. Di blog ini saya coba berbagi tentang design grafis, khususnya design grafis dalam suatu pekerjaan.



Banyak perusahaan-perusahan ataupun industry kecil yang membutuhkan jasa design grafis, misalnya saja industry percetakan, advertising, produk-produk bergambar dan sebagainya. Nah disini saya akan berbagi pengalaman pada saat saya bekerja disuatu industry label, dimana pekerjaannya meliputi percetakan, promosi, iklan dan sebagainya. Karena saya juga seorang pemula dalam dunia design grafis, jadi sekiranya masih banyak kekurangan mohon  para pembaca silahkan memberi masukkannya. Dan yang masih belajar seperti saya, semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Dalam Dunia design khususnya di dunia Advertising, terdapat banyak sekali peluang usaha yang dapat kita ambil, salah satunya adalah advertising jenis poster, Brosur, flyer, Majalah, Kalender, Banner, Spanduk dan Baliho. nah bagi yang belum tahu jenis2 diatas saya akan jelaskan sedikit pengertiannya agar para pembaca tahu perbedaannya.

Poster
Adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Dicetak dengan kualitas tinggi dan kertas glossy yang bagus juga. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat. 
Spesifikasi ukuran poster: ukuran: 50 cm x 70 cm
Contoh Poster : 
http://fae-zya.blogspot.com/


Brosur
Brosur memiliki ukuran sebesar ukuran kertas standar internasional, seperti A5 atau A4. Kertas ini kemudian dilipat secara horisontal sehingga membentuk jalur lipatan yang vertikal. Jika lipatannya hanya satu, sehingga membuat 2 halaman pada masing-masing sisinya, maka disebut brosur bi-fold(lipat 2). Namun jika lipatan pada kertas brosur ada 2, sehingga membentuk 3 halaman pada masing-masing sisi, maka disebut brosur tri-fold (lipat tiga).
Setiap halaman pada brosur, biasa juga disebut panel, dapat memiliki isi materi yang terpisah dari halaman lainnya. Masing-masing halaman memiliki layout, foto, headlines, maupun isi yang berbeda-beda. Namun, bisa juga antar halaman merupakan isi yang berkesinambungan walaupun tidak disarankan.
Brosur dibuat untuk disimpan oleh orang yang diberikan selama beberapa saat dan dilihat berulang kali. Brosur biasanya dibagikan pada akhir sebuah presentasi, pada acara pameran, di bank-bank, kasir supermarket, atau bisa juga di klinik dokter. Besar harapannya orang-orang yang tertarik dengan informasi produk atau jasa lebih lanjut akan mengambil brosur dan membacanya.
Contoh Brosur:
http://fae-zya.blogspot.com/


Flyer
Flyer berupa secarik kertas yang umumnya berukuran standar kertas A4. Flyer dipergunakan untuk promosi skala kecil dengan cakupan wilayah yang tidak terlalu besar. Karena untuk skala kecil, maka biasanya kualitas cetak dan kertasnya pun relatif lebih murah jika dibandingkan dengan brosur.
Flyer dibagikan dengan cara diberikan langsung (hand-to-hand) atau disebar di kerumunan orang banyak. Informasi dalam flyer hanya dilihat sekilas oleh orang yang membacanya kemudian dibuang begitu saja. Proses sebar-buang inilah yang kemudian menjadikan namanya fly-er (terbang).

contoh flyer : 
http://fae-zya.blogspot.com/




Majalah 
Majalah adalah salah satu jenis media massa. Biasa diterbitkan mingguan, dwimingguan atau bulanan. Majalah biasanya memiliki artikel mengenai topik populer yang ditujukan kepada masyarakat umum dan ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak orang. 

Contoh Majalah :

http://fae-zya.blogspot.com/

Kalender
Kalender adalah sebuah sistem untuk memberi nama pada sebuah periode waktu (seperti hari sebagai contohnya). Nama-nama ini dikenal sebagai tanggal kalender. Tanggal ini bisa didasarkan dari gerakan-gerakan benda angkasa seperti matahari dan bulan. Kalender juga dapat mengacu kepada alat yang mengilustrasikan sistem tersebut (sebagai contoh, sebuah kalender dinding). 
Contoh : 

http://fae-zya.blogspot.com/

Banner 
adalah salah satu media promosi yang dicetak dengan Print Digital yang umumnya berbentuk Potrait atau Vertikal. Banner adalah bentuk penyederhanaan dari Baliho.
Contoh Banner :

http://fae-zya.blogspot.com/



Spanduk
adalah media promosi yang cukup populer belakangan ini karena harganya yang murah dan proses pengerjaannya yang cepat. Jaman Sekarang ini Sudah Banyak Perusahaan Yang bergerak di bidang periklanan memiliki mesin Digital Print Sendiri. (
Contoh Spanduk : 
http://fae-zya.blogspot.com/



Baliho
adalah suatu sarana atau media berpromosi yang mempunyai unsur memberitakan informasi event atau kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat luas, selain itu baliho juga digunakan untuk mengiklankan suatu produk baru. Dikenalnya baliho merupakan hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya mesin cetak digital yang semakin canggih. 
Contoh baliho :

http://fae-zya.blogspot.com/

Mungkin itu saja ulasan dari saya, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat anda yang sedang menggeluti dunia percetakan dan promosi.


Baca juga : 
Tutorial cara membuat Spanduk dengan potoshop
Cara mudah membuat poster film di Potoshop
Download Gratis template Banner Toko handphone dan Pulsa Potoshop


Related Posts

Tentang Poster, Brosur, flyer, Majalah, Kalender, Banner, Spanduk dan Baliho
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Jika Menyukai artikel di blog ini, silahkan berlangganan via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
03 August, 2015 13:07

== Jasa Brosur ==
Kami Memiliki Usaha Membuat Brosur Dengan Kreasi Anda Tentunya, Hal-Hal Lain Seperti Jasa Finishing Kami Juga Ada. Finishing Antara Lain Adalah Laminasi, Spray Coating UV Kami Juga Menyediakan. Tak Perlu Meragukan Hasil Desain Brosur Dari Perusahaan Kami, Anda Juga Bisa Memberikan Contoh Produk Yang Diinginkan Dan Kami Akan Semaksimal Mungkin Membantu Desain Anda Dalam Membuat Brosur. Masalah Harga Tak Perlu Diragukan Juga, Sudah Pasti Murah Dan Tentunya Juga Berkualitas.

Jika Anda Berminat, Silahkan Hubungi :
081297667579
Atau Buka Website Kami :
www.percetakan-online.com

== Terima Kasih ==

Reply